Wajin Tahu! 6 Fakta Lantai Vinyl yang Mengagumkan


Tamarapratt.com – Lantai merupakan bagian elemen rumah yang cukup penting keberadaannya terutama dalam hal estetika dan kebersihan. Keberadaan lantai telah dirancang sejak zaman Babilonia kuno dengan pemanfaatan batu yang disusun dan ditanam ke dalam tanah. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi ubin sebagai penutup bagian bawah bangunan terus mengalami perkembangan menakjubkan dari waktu ke waktu.

Fakta Lantai Vinyl

Kini kita mengenal beragam lantai dengan karakteristik yang spesifik dan menghasilkan nuansa yang khas. Ubin yang banyak dipasarkan kini tidak lagi didominasi oleh ubin tegel atau keramik. Masyarakat telah disuguhi banyak pilihan sesuai dengan anggaran dan minat pada corak ubin lantai yang tersedia. Salah satu ubin yang saat ini digemari oleh masyarakat adalah lantai vinyl atau vinyl tile. Jenis ubin tersebut digemari karena banyaknya keunggulannya, antara lain murah, kemudahan dalam memasang, dan memiliki motif yang banyak.

Fakta Lantai Vinyl yang Mengagumkan

Lantai vinyl atau vinyl tile merupakan lapisan bermotif yang dihasil pabrikasi dengan ketebalan 2 mm hingga 5 mm yang banyak diminati para konsumen. Ubin yang menyerupai kulit kayu ini tergolong istimewa karena dibalik kesederhanaanya telah menyimpan beragam keunggulan yang tidak terdapat pada ubin jenis lainnya. Berikut di antaranya :

1. Murah

Biaya yang dianggarkan untuk lantai ini jauh lebih murah daripada lantai kayu atau marmer granit tetapi memiliki tampilan yang menyerupai lantai kayu atau granit. Keistimewaan inilah yang tidak dimiliki pada ubin jenis lainnya. Pertimbangan harga yang relatif murah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk mempercantik interior huniannya.

2. Mudah Dipasang

Lapisan lantai vinyl tergolong tipis dengan besaran seukuran ubin atau seukuran kayu plang 60 x 20 cm atau 60 x 30 cm yang memudahkannya dalam memasang. Lantai sintetis ini tidak membutuhkan peralatan rumit atau bahan tambahan yang membuatnya menjadi mahal. Cukup dengan perekat, maka lantai-lantai ini telah siap dipasang. Lantai vinyl juga tergolong mudah dipotong sesuai ukuran. Cukup dengan gunting atau cutter, maka jenis lantai tersebut bisa kita pasang sendiri.

3. Motif Beragam

Motif yang terdapat pada ubin jenis ini tergolong beragam, seperti motif marmer dengan berbagai warna, motif kayu, motif batu yang indah. Keunggulan lainnya dari pelapis lantai vinyl adalah kemampuannya yang dapat diaplikasikan pada dinding, sehingga tercipta satu kesatuan yang utuh antara lantai dengan dinding. Dalam pemakaian yang lebih luas, pelapis lantai vinyl dapat menghadirkan suasana mewah yang juga indah.

4. Tahan Lama

Salah satu keunggulan lantai vinyl adalah kekuatannya yang mampu bertahan selama lebih bertahun-tahun. Lantai ini juga terkenal anti pecah karena berbahan karet dan PVC yang tersusun berlapis-lapis. Lantai tersebut juga kuat terhadap cairan kimia atau obat-obatan lainnya yang membuatnya awet hingga 20 tahun. Perawatan yang baik dan seringnya pengepelan akan membuat lantai vinyl lebih berkilau.

5. Tekstur Lembut

Tekstur pada lantai vinyl terasa lembut saat dipijak. Hal ini disebabkan karena lapisan busa karet yang terdapat pada bagian bawah lantai vinyl. Lunak dan kelembutan ini cukup aman dari benturan sebagai lantai di kamar anak. Kenyataan ini telah mendorong para orang tua dalam pemilihan lantai yang tepat dan fungsional.

6. Mudah Perawatan

Lantai vinyl tergolong mudah dalam hal perawatan, di mana tidak membutuhkan peralatan khusus saat membersihkannya. Seperti halnya lantai keramik, semudah itulah membersihkan lantai vinyl. Uniknya, semakin sering dibersihkan, permukaan vinyl menjadi semakin cemerlang dan berkilau.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *