Tempat Wisata di Mojokerto yang Cocok Untuk Pecinta Situs Bersejarah


Mendengar nama Mojokerto pasti akan langsung tertuju pada sebuah kerajaan yang pernah berjaya di masa lalu, yaitu Mojopahit. Kabupaten yang terletak di sebelah utara Malang ini mempunyai puluhan hingga ratusan koleksi situs bersejarah. Oleh karenanya, bila kamu mengaku sebagai pecinta situs bersejarah, wajib hukumnya untuk datang ke Mojokerto dan menikmati pesona wisata sejarah yang mengagumkan. Ada beberapa rekomendasi tempat wisata bertema sejarah di Mojokerto  yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Simak ulasannya berikut ini!

5 Titik Wisata Sejarah Paling Recommended di Mojokerto

Berbicara soal wisata sejarah tidak bisa lepas dari Mojokerto. Selain karena namanya yang nyaris mirip dengan kerajaan Mojopahit, daerah ini juga mempunyai bukti-bukti peninggalan bersejarah yang sampai saat ini masih terawat dengan baik. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu susun rencana liburan untuk mengajak anak-anak mengenali sejarah dengan mengunjungi berbagai situs yang ada di sana. Agar kamu tidak bingung, simak 5 tempat wisata bersejarah paling recommended di Mojokerto berikut ini!

1. Kolam Segaran

Setiap kerajaan pasti memiliki tempat penampungan air yang dulu digunakan sebagai sumber air atau pemandian. Di Kecamatan Trowulan, Mojokerto kamu dapat menemukan situs bersejarah yang konon diklaim sebagai kolam mandi kuno terbesar di Indonesia, yaitu Kolam Segaran. Kolam ini adalah peninggalan Kerajaan Mojopahit yang luasnya mencapai 65,625 meter persegi. Untuk sampai ke Kolam Segaran, kamua hanya perlu berjalan sejauh 5 km ke arah selatan dari Jalan Raya Surabaya-Madiun.

2. Museum Trowulan

Berwisata sejarah di Mojokerto tidak akan lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Museum Trowulan. Museum yang didirkan pada tahun 1987 ini mempunyai koleksi peninggalan Mojopahit terlengkap. Tidak hanya itu, Museum Trowulan juga menyimpan berbagai koleksi artefak atau peninggalan dari kerajaan lain, seperti Kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari. Lokasinya tidak jauh dari Kolam Segaran. Jadi, kalau kamu sudah puas menikmati pesona Kolam Segaran, kamu dapat bergeser sedikit menuju ke Museum Trowulan.

3. Candi Brahu

Pecinta situs sejarah pasti tahu kalau kerajaan zaman dahulu pasti mempunyai peninggalan unik berupa candi. Nah, di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto ada satu candi yang menarik bernama Candi Brahu. Candi yang satu ini merupakan candi tertua di antara candi-candi lainnya yang ada di kawasan wisata sejarah Mojokerto. Pembangunannya dimulai sejak masa Raja Brawijaya I. Meskipun keberadaannya sudah sangat lama, Candi Brahu tetap terawat hingga sekarang.

4. Mahavira Majahapit

Tempat wisata yang ini memang bukan peninggalan sejarah seperti situs lainnya. Tapi, pesona Mahavira Majahapit akan menjadikan wisata bersejarah semakin lengkap. Di lokasi ini kamu akan melihat ada sebuah patung Buddha berukuran besar yang sedang dalam posisi tidur. Patung tersebut dibangun oleh Viriyanadi Maha Thera pada tahun 1989 dan berhasil meraih rekor MURI sebagai patung Buddha tidur terbesar di Indonesia. Posisi berbaring patung menggambarkan momen wafatnya Siddharta Gautama.

5. Candi Bajang

Masih di Kecamatan Trowulan, mari berpindah sedikit ke Desa Temon. Di sana kamu akan menemukan sebuah candi peninggalan Majapahit, yaitu Candi Bajang. Belum diketahui secara jelas detil pembangunan candi tersebut. Jika kamu berkunjung ke sana, kamu akan dibuat nyaman dengan hamparan taman yang indah serta pemandangan candi yang berdiri megah.

Itulah berbagai tempat wisata sejarah paling recommended yang ada di Mojokerto, Kamu bisa menggunakan jasa sewa bus pariwisata jakarta di pusatsewabus.com .

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *