NTT Jadi Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020


​​​​​Baru-baru ini pariwisata Indonesia meraih penghargaan internasional dalam Best in Travel 2020 Competition. Kompetisi khusus destinasi wisata  yang digelar Lonely Planet ini mengkhusukan pada review travel dan panduan perjalanan. Perusahaan asal Australia ini setiap tahun merilis panduan traveling dan tujuan wisata di seluruh dunia yang paling baik dan menarik menggunakan jasa sewa bus pariwisata jakarta

NTT Jadi Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020

Penilaian Lonely Planet tidaklah berlebihan atau mengada-ada mengingat NTT kaya akan keindahan alam terutama pantainya. Pantai-pantai di NTT memang terkenal sangat indah dengan air lautnya yang sangat jernih. Di Pulau Alor sendiri terdapat tempat menyelam terbaik di Indonesia. Sementara itu, Lonely Planet juga merekomendasikan beberapa pulau di NTT sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, seperti Pulau Komodo,  Pulau Rote, Pulau Rinca, dan Pulau Sumba.

Mengintip Lebih Jauh Keindahan NTT

Gugusan kepulauan di NTT sebenarnya lebih indah daripada NTB atau Bali. Tingginya kualitas sarana pariwisata pada NTB dan Bali-lah yang memaksa wisatawan dunia hanya mengerti dua destinasi wisata itu. Sarana dan prasarana pariwisata di NTT sebenarnya cukup memadai. Dengan 500 pulau yang ada di sana, sudah terdapat 21 bandara dan 72 pelabuhan. Sarana akomodasi dan penginapan mungkin yang harus ditingkatkan ke tingkat internasional. Dengan meniru Lombok dalam membangun infrastruktur yang kemudian menjadikan Lombok dikenal dunia, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara.

Di samping segala keindahan alam pantainya, NTT juga menyimpan budaya yang cukup kuat menarik wisatawan mancanegara mengunjunginya. Berikut diantaranya.

1. Pasola

Pasola merupakan ritual adat berupa lempar tombak kepada pihak lain. Pada ritual ini telah dibagi menjadi dua kelompok yang berseberangan untuk kemudian saling melempar tombak dengan menunggang kuda. Setiap ksatria yang terluka dan berdarah berarti kesuburan dan panen akan dicapai tahun depan. Dengan demikian, semakin banyak peserta yang berdarah-darah, semakin melimpah pula panen di tahun mendatang. Ritual yang paling di tunggu wisatawan dunia ini di adakan antara bulan Februari atau Maret tergantung keputusan ketua adat.

2. Festival Menangkap Paus 

Masyarakat Lamalera dari Kabupaten Lambeta ini memang telah dikenal dunia dengan tradisi menangkap ikan paus secara tradisional. Tradisi ini kemudian dijadikan tradisi untuk menarik wisatawan dunia ke NTT. Dalam menangkap paus ini ada beberapa hal yang harus dipatuhi sehingga tidak merusak keanekaragaman hayati laut di sana.

3. Festival Kelimutu

Festival Kelimutu merupakan festival yang berada di danau tiga warna, Kelimutu, Kabupaten Ende. Festival ini cukup banyak menarik wisatawan asing karena paket wisata di daerah NTT dan keindahan telaga tiga warna itu. Danau ini terletak di puncak Gunung Kelimutu yang diselimuti pemandangan alam yang menakjubkan. Uniknya, air telaga ini selalu berubah warna seiring dengan berjalannya waktu. Tetapi warna yang paling sering tampak adalah warna biru, merah, dan putih.

4. Festival Komodo

Festival Komodo dilakukan oleh masyarakat Manggarai Barat. Komodo sendiri sudah terkenal di mancanegara sebagai salah satu bintang purba yang masih eksis. Banyak pihak bahkan menyebut binatang ini sebagai naga. Di samping itu, keindahan pulau-pulau di sekitar Pulau Komodo sangat memukau para wisatawan. Keindahan pantai dan lautnya seringkali dijadikan destinasi wisata di sekitar pulau ini. Tak heran NTT selalu menunjukkan kecantikannya yang mengundang wisatawan setiap tahun. Keindahan alamnya yang luar biasa dan segala keunikan yang terdapat di dalamnya telah mendorong Lonely Planet menjadikan NTT sebagai destinasi yang wajib dikunjungi pada 2020.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *